KEPALA DESA TERPILIH APA YANG DILAKUKAN…?

KEDUNGAN. Sesuai UU Desa No. 6 Tahun 2014 Pasal 79 dan Permendagri No. 114 Tahun 2014, bahwa tiga bulan setelah Kepala Desa Terpilih maka Kepala Desa harus bisa menyusun RPJMDes sebagai perwujudan rencana pembangunan 6 (enam) tahun kedepan selama menjabat sebagai Kepala Desa.

Tahapan penyusunan RPJMDes yang perlu diperhatikan adalah Kepala Desa harus membentuk Tim Penyusun yang terdiri 7 atau 11 orang yang terdiri dari Kepala Desa sebagai pembina, Sekretaris Desa sebagai Ketua dan ketua LPMD sebagai sekretaris sedangkan anggota diisi dari unsur tokoh masyarakat dan tidak meninggalkan wanita didalamnya.

Tahapan berikutnya adalah Tim Penyusun menggelar Musdus (musyawarah dusun) sebagai upaya untuk menyerap aspirasi dari masyarakat sebagai wujud partisipasi pembangunan di desa, selanjutnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musdes (Musyawarah Desa) sebagai kelanjutan dari musdus yang sudah dirumuskan oleh Tim Penyusun untuk memunculkan program kerja selama 6 (enam) tahun sesuai dengan visi misi Kepala Desa Terpilih dan kebijakan pemerintah Kabupaten Klaten. Setelah Musdes dilakukan maka Kepala Desa selanjutnya menggelar Musrenbagdes sebagai bahan untuk menyusun RPJMDes dan RKPDes yang selanjutnya disusun APBDes Desa Kedungan

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan